Melihat Payangan yang Mendunia

Media Sosial mempunyai peranan yang sangat penting didalam upaya meramaikan kunjungan wisatawan di Pantai Payangan. Komunitas Jember Backpacker lah yang menggagas awal hestek #ExploreJember dan mengajak para Backpacker se-Indonesia untuk camping bersama di Payangan pada 23-24 Agustus 2014. Mereka datang dari Bandung, Jogja, Surabaya dan Malang serta daerah-daerah lain di Indonesia.

Payangan: Kampung Nelayan yang berbenah

Payangan: Kampung Nelayan yang berbenah

Ketika itu Payangan masih sangat sepi. Di akhir pekan pengunjung yang datang tak sampai  50 orang. Jadi, jangan tanya kondisi pengunjung Payangan jika weekdays. Biasanya hanya dikunjungi oleh Para Pemancing yang langsung menuju spot pemancingan di Bukit Sroyo sisi timur.
Setelah acara camping bersama para backpacker tersebut akhirnya semakin banyak orang yang penasaran. Rupanya mereka yang ikut camping mengunggah foto-foto Payangan di akun media sosial pribadinya ataupun di akun media sosial komunitas.
Foto Payangan dari atas Bukit Sambuja adalah yang paling banyak dilihat dan akhirnya dicari lokasinya. Tak perlu menunggu waktu lama, sekiranya kemudian Bukit Sambuja sudah dikunjungi banyak orang hingga warga akhirnya membuat trek hingga menuju puncak.
Kunjungan yang semakin membludak akhirnya mengorbankan Bukit Sroyo yang mulanya akan dijadikan Kawasan Konservasi akhirnya menjadi tujuan wisata juga.
Acara Ngopi Senja di Payangan bersama Jember Backpacker dan Jember Photography diadakan untuk memberikan banyak saran kepada Masyarakat Payangan agar mereka siap menghadapi dampak positif dan utamanya dampak negatif dari Mass Tourism ini.
Sampah tentu saja menjadi dampak negatif paling utama dari Mass Tourism ini. Disusul vandalis dari tangan-tangan jahil. Kesadaran dari Masyarakat sendiri dan pengunjung didalam mengelolanya sampah harus terus diingatkan. Tak perlu menyalahkan siapapun. Mari mulai dari diri sendiri. Mulai dari sekarang untuk Jember yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *